Lagu yang berasal atau lagu yang berada di
luar negeri atau di negara asing disebut lagu mancanegara. Lagu mancanegara di
Asia dalam khasanah musik Indonesia mempunyai pengertian lagu yang berasal dari
luar negeri.
Lagu merupakan ungkapan gagas atau
perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media nada dari
suara/ vokal manusia. Jadi lagu mancanegara adalah lagu yang berasal atau lagu
yang berada di luar negeri atau di negeri asing.
Lagu
mancaneraga di luar Asia dalam khasanah musik Indonesia mempunyai pengertian
lagu berasal dari luar negeri.
A. Musik Barat
dan Timur
Menurut
sejarah seni,musik dianggap sebagai seni yang paling tua usianya. Bahkan sama
tuanya dengan keberadaan manusia di bumi. Ini karena semenjak lahir kita sudah
berhubungan dengan musik.Dalam peradapan masyarakat Mesir dan Yunani kono,musik
dianggap sebagai suatu aktivitas yang penting. Hal ini terbukti dengan
lukisan-lukisan purba yang menggambarkan kegiatan musik. Mereka banyak
mempergunakan musik dalam kegiatan upacara-upacara ritual yang berhubungan
dengan kekuatan ghaib.
Dalam
perkembangan sejarah musik,terdapat dua rumpun musik yang berbeda yaitu musik
yang berasal dari barat dan musik yang berasal dari timur. Masing-masing rumpun
musik tersebut memiliki symtem nada yang berbeda. Musik barat menggunakan
symtem nada-nada yang matematik, dimana nada-nadanya disusun berdasarkan
frekuensi yang tetap dalam tujuh nada (tangga nada diatonis) yang kemudian
berkembang menjadi system 12 nada yang berjarak sama (tangga nada kromatis). Sedangkan
musik timur menggunakan system nada yang amatematik, yaitu tangga nada
pentatonic yang nada-nadanya disusun dalam jarak yang tidak sama untuk satu
oktafnya.
Sistem
musik barat digunakan dalam perkembangan dalam daya pikir abstrak,imajinasi,dan
kreativitas. Musik dapat dipelajari secara lebih nyata. Hal ini telah dapat
membawa musik barat memasuki wilayah timur dengan kegunaan yang lebih luas
daripada musik timur
B. Apresiasi lagu
mancanegara di luar Asia.
Apresiasi
yaitu suatu kegiatan seseorang di dalam menilai atau menghargai karya seni.
Penilaian yang lahir setelah melihat karya seni dapat bermacam-macam bentuknya.
Hal tersebut timbul karena tingkat penilaian seseorang terhadap seni beragam
dan dipengaruhi latar belakang, tingkat intelektual dan status sosial yang
beragam pula.
Ketika akan
dapat menilai suatu lagu/karya musik apabila kita mengerti benar-banar tentang
lagu secara keseluruhan mulai dari
melodi,harmoni,ritme,birama,tangga nada, dan sebagainya. Apabila kita
sudah dapat memahami lagu dengan baik, maka proses ini akan membantu menjadi
seorang apresiator yang baik. Di dalam apresiasi karya seni dikenal dengan tiga
tingkat apresiasi yaitu :
1.
Apresiasi empatik,
adalah apresiasi yang hanya menilai baik dan kurang baiknya sebuah seni
berdasarkan penglihatan mata saja.
2.
Apresiasi
estetis, adalah apresiasi tentang keindahan dan mempunyai penilaian tentang
keindahan karya seni tersebut.
3.
Apresiasi kritis,
adalah apresiasi yang sudah dalam tingkat penganalisaan.
Ketika
akan dapat menilai sebuah lagu/ karya musik apabila kita mengerti benar tentang
lagu secara keseluruhan mulai dari melodi, harmoni, ritme, tangga nada dan
sebagainya. Apabila kita sudah memahami lagu dengan baik maka proses ini akan
membantu menjadi seorang apresiator yang baik.
Substansi
dasar dari musik adalah bunyi yang unsurnya disebut nada, yaitu bunyi yang
mempunyai getaran teratur tiap detik dengan sifat tinggi, panjang, keras,
lembut, dan warna yang berbeda.
C. Sejarah
Musik Mancanegara
1. Yunani Kuno
( 675 SM – Awal masehi )
Bangsa
yunani dikenal sebagai peletak dasar seni musik barat. Mereka menyusun 2
tetrachord ( dari phytagoras ) yang membentuk sebuah tangga nada diatonis dalam
satu oktaf. Musik bagi bangsa Yunani juga berfungsi sebagai :
a.
Iringan upacara
religius, penyembahan dewa.
b.
Iringan upacara
kerajaan.
c.
Iringan drama
tari, sastra, atletik, gladiator, dan hiburan social.
d.
Iringan
berperang.
Para ahli
musik bangsa Yunani diantaranya : Aischylos ( 425 SM-456 SM ), Sophocles (496
SM – 406 SM ), Pythagoras (585 SM- 505 SM ),Aristoteles (384 SM – 422 SM),dan Aristoxenos(sekitar
325 SM). Instrumen yang terkenal adalah lyra, kitara (petik),dan Autos(seperti
oboe)
2. Abab
Pertengahan (Abad V- XVI)
Abad pertengahan berada di antara zaman
akhir kerajaan Roma (476) dan zaman bangkitnya ilmu pengetahuan dan munculnya
berbagai penemuan.Perubahan besar terjadi pada musik dunia di abad pertengahan.
Musik yang dulunya terdiri dari satu suara (monofonik)bertambah menjadi
beberapa suara (polifonik).
Pada abad initerdapat
perkembangan perbaikan tulisan musik dasar-dasar teori musik.Pencetus tulisan
musik atau notasi musik ini adalah Guido d’Arezzo(+1050)
.
Paduan suara juga berkembang di Eropa Barat, serta
musik Greogiran oleh Paus Greogirus
Pelopor musik pada abad
pertengahan adalah:
a.
Guillanme Dufay
dari Perancis
b.
Adam de la Halle dari Jerman.
3. Renaissance
(Abad XVI – XVII).
Renaissance artinya “terlahir kembali”
Pada abad ini perkembangan musik gereja merosot, sedangkan musik duniawi mulai
mendapat perhatihan dan kedudukan yang makin penting .Instrumen musik , dulunya
hanya sebagai pengiring lagu, mulai dibuat komposisinya . Instrumen orgel mendapat
perhatian di Itali dan Jerman, sedangkan di Inggris lebih memperhatikan
instrumen pendahulu piano yaitu virginal. Komponis terpenting abad Renaissance
adalah Frescobaldi( 1583 – 1644 Itali ), Scheidt (1857 – 1654), Scheid Mann (
1595 -1663, Jerman),dan Bull (1563 – 1628).
Opera mulai berkembang dengan
menggunakan permainan solo sebuah instrumen (solistis) dan Koor besar.
4.Barok dan Rakoko
Istilah “barok” dan ‘Rakoko” dipinjam dari dunia
arsitektur. Kemajuan pada abad ini terdapat dua aliran yang sifatnya hampir
sama. Pada aliran Barok dan Rokoko sama-sama menggunakan ornamentik yang
diserahkan pada improvisasi spontan oleh pemain. Sedangkan pada Rokoko semua
ornamentik dicatat.
Komponis-komponis pada
abad Barok dan Rokoko ini diantaranya:
a.
Johan Sebastian
Bach( 1685 - 1759) dari jerman.
b.
George Frederick
haendel ( 1685 – 1759 ) dari London.
5.Klasik (Abad XVIII- –Awal Abad XIX )
Istilah
‘’klasik” dipinjam dari satu bentuk jenis dalam dunia sastra yang memberi
ciri-ciri ketaatan pada kaidah-kaidah formal bentuk dan struktur komposisi
dalam mencapai keseimbangan dan kesempurnaaan musik. Abad klasik diawali
sepeninggal bach dan Handel, sekitar tahun 1750. Komponis yang terpenting pada
abad klasik adalah JOHAN Stamitz (1717 -1757),Franz Joseph Haydn
(1732-1809)yang terkenal sebagai ‘’Bapak Orkes Simponi’’(100 karya ) dan” Bapak
Kwartet”(80 karya), dan Wolfgang Amadeus M ozart ( 1765—1791)
6. Romantik
( Abad xix – Awal Abad XX
Musik
romantik sangat mementingkan perasaan yang subjektif. Musik bukan saja
digunakan untuk mencapai keindahan nada-nada ,tetapi dipergunakan untuk
mengungkapkan perasaan, sehingga banyak menggunakan dinamik dan tempo.
a.
Ludwig Van Beethoven
dari Jerman.
b.
Franz Peter
Schubert dari Wina
c.
Francois
Frederick Chopin dari Polandia.
d.
Robert Alexander
Schumann dari Jerman.
e.
Johannes Brahms
dari Jerman
7. Peraliahan (Abad XX)
Sesunggunya
zaman kebesaran Romantik telah selesai sepeninggal Wagner. Zaman setelah
Romantik bersifat membelakangi adat kebiasaan pada zaman Romantik. Munculnya
berbagi unsure gaya yang tegas menunjukan arah pembaharuan yang berarti
Revolusi musik.Komponis zaman peralian menuju modern di antaranya: Cesar
Auguste Franck(1882-1890). Gustav Mahler(1860-1911). Peter llyich
Tschaikovsky(1840-1893,dan Sergei Rahmaninoff (1873-19430).
8. Modern
(Abad XX – Sekarang)
Musik
pada zaman modern tidak mengakui adanya hukum-hukum dan peraturan-peraturan
karena kemajuan IPTEK yang semakin pesat , dan berkembangnya globalisasi dunia
yang juga berimbas di perkembamgan musik dunia.
Komponis zaman modern antara lain:
a.
Claude Archille
Debussy dari Perancis
b.
Bella Bartok dari
Hongaria.
c.
Maurice Ravel
dari Perancis
d.
Igor Fedorovinsky
dari Rusia.
e.
Edward Benyamin
Britten dari Inggris.
Perkembangan
lagu menyesuaikan perkembangan musik pada waktu itu. Kebanyakan lagu-lagu dari
zaman Yunani hingga zaman peralihan berorientasi klasik atau berbentuk seriosa
dengan iribgan musik orkestra.
Apa pendapat anda...