cabang-cabang fisika


Cabang - Cabang Fisika

Cabang-cabang fisika itu sebenarnya sangat banyak. Selain itu, cabang-caang ilmu fisika juga banyak berkaitan dengan cabang-cabang ilmu lainnya. Cabang-cabang dalam ilmu fisika dapat dijelaskan sebagai berikut:


1.      Mekanika
Mekanika adalah satu cabang fisika yang mempelajari tentang gerak.Mekanika klasik terbagi atas 2 bagian yakni Kinematika dan Dinamika.
a. kinematika membahas bagaimana suatu objek yang bergerak tanpa menyelidiki. 
b. Dinamika mempelajari bagaimana suatu objek yang bergerak dengan menyelidiki penyebab.
Mekanika kuantum adalah cabang dasar fisika yang menggantikan mekanika klasik pada tataran atom dan subatom. Mekanika fluida adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari fluida (yang dapat berupa cairan dan gas).

2.      Elektronika
Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya.

3.      Teknik Elektro atau Teknik listrik (bahasa Inggris: electrical engineering) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

4.      Elektrostatis adalah ilmu yang mempelajari listrik statis.

5.      Elektrodinamis adalah ilmu yang mempelajari listrik dinamis.

6.      Bioelektromagnetik adaIah disiplin ilmu yang mempelajari fenomena   listrik, magnetik dan elektromagnetik yang muncul pada jaringan makhluk bidup.

7.      Termodinamika adalah kajian tentang energi atau panas yang berpindah

8.       Fisika inti adalah ilmu fisika yang mengkaji atom / bagian-bagian atom
Fisika Gelombang adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gelombang
.

9.      Fisika Optik (Geometri) adalah ilmu fisika yang mempelajari tentang cahaya.

10.  Kosmografi/astronomi adalah ilmu mempelajari tentang perbintangan dan benda-benda angkasa.

11.  Fisika Kedokteran (Fisika Medis) membahas bagaimana penggunaan ilmu fisika dalam bidang kedokteran (medis), di antaranya:
  1. Biomekanika meliputi gaya dan hukum fluida dalam tubuh 
  2. Bioakuistik (bunyi dan efeknya pada sel hidup/ manusia) 
  3. Biooptik (mata dan penggunaan alat-alat optik) 
  4. Biolistrik (sistem listrik pada sel hidup terutama pada jantung manusia)

12.  Fisika radiasi adalah ilmu fisika yang mempelajari setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain.

13.  Fisika Lingkungan adalah Ilmu yang mempelajari kaitan fenomena fisika dengan lingkungan. Beberapa di antaranya antara lain :
  1. Fisika Tanah (dalam bumi)
  2. Fisika Tanah Permukaan
  3. Fisika udara 
  4. Hidrologi
  5. Fisika gempa (seismografi fisik)
  6. Fisika laut (oseanografi fisik)
  7. Meteorologi 
  8. Fisika awan
  9. Fisika Atmosfer

14.  Geofisika adalah perpaduan antara ilmu fisika, geografi, kimia dan matematika. Dari segi Fisika yang dipelajari adalah:
a.       Ilmu Gempa atau Seismologi yang mempelajari tentang gempa 
b.      Magnet bumi 
c.       Gravitasi termasuk pasang surut dan anomali gravitasi bumi 
d.       (aspek listrik bumi), dll

15.  Ekonomifisika yang merupakan aplikasi fisika dalam bidang ekonomi 

16.  Fisika komputasi adalah solusi persamaan-persamaan dengan menggunakan Fisika, Matematika, dan lain- lain yang mengakibatkan fisika itu selalu ada dalam berbagai aspek.

17.  Fisika nuklir menjelaskan semua fenomena yang terjadi pada tingkat inti atom.ini berkaitan dengan menjelaskan fenomena seperti radioaktif. Perkembangan fisika nuklir menyebabkan produksi senjata nuklir seperti bom atom,bom hidrogen dan membuat sumber energi nuklir tesedia bagi umat manusia.

18.  Mekanika klasik,ini adalah cabang tertua dari fisika yang menggambarkan gerak analitis dari semua objek pada skala makrokopis.ini menggambarkan segala sesuatu mengapa benda-benda seperti bola memantul,mengapa planet-planet berputar mengelilingi matahari.

19.  Mekanika relativistik,dinyatakan bahwa massa yang bergerak makin besar bila kecepatan semakin besar. Selain itu,massa dan energi merupakan dua hal yang ekuivalen.

20.  Zat Terkondesasi Fisika
Benda terkondensasi Fisika adalah cabang sub-fisika kuantum dan mekanika statistik, yang menggambarkan semua fenomena yang terjadi dalam materi, dalam bentuk kental. Ini mencakup segala sesuatu jenis benda,yaitu cairan, padat dan gas. Perangkat fisika semikonduktor, yang dengan perangkat tersebut membuat zaman  teknologi informasi sekarang menjadi mudah, adalah hasil dari perkembangan penelitian dalam fisika benda terkondensasi. Ini menggambarkan semua fenomena dalam berbagai aspek seperti ferromagnetism, superfluiditas dan superkonduktivitas


21.  Astronomi dan Astrofisika
Astronomi adalah studi pengamatan alam semesta dalam semua perwujudannya dan astrofisika (sebuah penyatuan dari semua cabang fisika), merupakan dasar teoritis, yang dapat menjelaskan semua fenomena dalam alam semesta. Cabang ini adalah yang paling mencakup semua dari semua cabang fisika, yang memiliki tujuan tunggal untuk menjelaskan setiap fenomena yang terjadi di alam semesta.

22.  Bidang Teori Kuantum
Cabang ini adalah yang menggambarkan partikel fisika, yang sangat kecil dan sangat cepat. Juga sebagai fisika partikel. Cabang fisika ini didasarkan pada tiga dasar teoritis mekanika kuantum, teori relativitas khusus dan konsep bidang. Penyatuan dari semua tiga fondasi ini adalah untuk menggambarkan fisika partikel dasar materi. Ini adalah salah satu cabang fisika yang paling sulit, yang menggambarkan system dari penciptaan utama dari alam semesta

23.  Teori Relativitas Umum dan Kosmologi
Teori relativitas umum adalah teori yang tepat, untuk menjelaskan gravitasi di semua skala. Ini menafsirkan gravitasi bukan sebagai gaya, tetapi sebagai konsekuensi dari kelengkungan ruang-waktu. Ruang di sekitar benda besar benar-benar mendapat bengkok dan bungkuk. Gravitasi adalah hasil dari warping dari ruang waktu. Relativitas khusus menyatukan ruang dan waktu untuk 'ruang-waktu' dan relativitas umum membuat 'ruang-waktu' berinteraksi dengan materi. Berapa banyak warps ruang, tergantung pada konten materi dan energi di dalamnya. Dengan kata sederhana, relativitas umum digambarkan oleh, "Materi memberitahu angkasa bagaimana untuk membungkuk, ruang memberitahu materi bagaimana untuk bergerak!
Kekuatan prinsip relativitas umum adalah sesuatu yang luar biasa, sehingga melahirkan ilmu baru dari kosmologi, yang memberikan kerangka kerja, sehingga dapat menggambarkan evolusi alam semesta dalam totalitasnya! Untuk pertama kalinya, berkat kosmologi, fisika dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan, 'Bagaimana Alam Semesta Diciptakan? '

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Apa pendapat anda...