Instalasi Windows XP



Cara Instalasi Windows XP :

1.      Nyalakan computer dengan hard disk dimana system windows-Nya belum ada ( atau sudah ada namum ingin di install ulang ). Lalu masukan CD / DVD Instalasi Windows XP kemudian reboot ulang ( booting kembali ). Jika Boot Priority di menu BIOS diset ke CD / DVD ROM Driver maka CD/DVD akan otomatis di baca dan di jalankan skrip instalasinya.



2.      Layar pembuka seharusnya akan tampil seperti ini


3.      Lalu windows akan memeriksa hardware computer agar sesuai dengan syarat minimal untuk menjalankan Windows XP kelak dan memeriksa file kongfigurasi CD lalu meload file-file yang dibutuhkn ke memori.

4.      Tekan ENTER untuk memulai instalasi


5.      Ada persyaratan yang harus disetujui melalui instalasi, kita cukup menekan f8 sebagai tanda setuju.

6.      Akan muncul menu pilihan partisi. Partisi adalah membagi hard disk menjadi beberapa “ruangan”  sehingga akan lebih mudah kita nanti dalam meletakkan data. Lanjutkan dengan menekan ENTER

7.      Lanjut dengan format partisi menggunakan Tipe System File NTFS. Lalu lanjutkan dengan tekan ENTER

8.      Kemudian windows akan memerikasa kondisi hard disk yang dipakai untuk instalasi. Lalu dilanjutkan menyalin beberapa file skrip yang diperlukan untuk proses instalasi.

9.      Tunggu sampai format partisi selesai dilakukan proses dilakukan dua kali, jika sudah selesai dilakukan maka komputer akan otomatis restart dan memasukki Windows. Ketika komputer sudah memasuki Windows XP, kamu akan disuruh menunggu selama 40 menit.

      Setelah penyalinan selesai komputer akan booting. Jangan menekan tombol apapun jika setelah booting ada tawaran boot lewat CD. Tampilan setelah boot akan tampak seperti di bawah ini.

10.  Pada tengah-tengah proses akan ada notif yang menyuruh kamu untuk mengisi identitas diri, masukkan nama dan perusahaan kamu bekerja (terserah bisa kamu isikan apapun). Lalu klik Next.

11.  Kemudian isikan nama komputer, jika kamu ingin memberi password pada komputer, isikan field Administrator password dan Confirm password. Jika sudah klik Next.


12.  Setelah itu isikan tanggal dan waktu, jika kamu ingin diatur secara otomatis, ubah Time Zone menjadi GMT+07:00 dan klik Next.


13.  Lalu kamu disuruh untuk mengisikan produk lisensi Windows XP yang kamu beli setelah mengatur itu semua. Tunggu sampai komputer melakukan restart untuk memasuki Windows XP.

14.  Windows XP akan menyambut kamu dan menyuguhkan settingan yang perlu kamu atur, klik Next.

15.  Pada tahap ini kamu bisa memilih update otomatis atau tidak ingin melakukan update otomatis. Saran WinPoin lakukan update otomatis dengan memilih bagian atas sendiri, lalu klik Next.


16.  Jika komputer kamu selalu terhubung dengan internet pada tahan ini kamu bisa memilih pilihan pertama atau jika komputer kamu tidak selalu terhubung dengan internet kamu bisa memilih yang kedua, atau kamu bisa juga melewati step ini dengan mengklik Skip. Kalau kamu sudah menentukan pilihan internet, klik Next.


17.  Setelah itu kamu disuruh untuk mendaftarkan komputer ke Microsoft, ini terjadi bila kamu selalu koneksi internet. Jika kamu tidak ingin register, klik opsi kedua dan klik Next.


18.  Isikan Nama user komputer, bila pengguna komputer lebih dari satu isikan kolom dua, ketiga dan seterusnya sesuai dengan user yang kamu inginkan dan klik Next.

Nah sekarang kamu akan memasuki desktop dari Windows XP.





TERIMAH KASIH !!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Apa pendapat anda...